Pengertian pramuka dan sejarah pramuka ( SINGKAT,PADAT JELAS )

blogger templates

 
www.okepramuka.com

PENGERTIAN PRAMUKA DAN SEJARAH PRAMUKA - Apa sih pramuka itu ? Bagaimana kegiatannya ? terus pramuka itu ada sejarahnya engga ? . Bagi seorang pramuka yang telah mengikuti kegiatan pramuka cukup lama, tentu saja pertanyaan pertanyaan tersebut dapat di jawab dengan mudah , bahkan pertanyaan tersebut dapat di jawab dengan sangat rinci sampai sampai orang yang bertanyapun menjadi bosan mendengarnya :D . Baik.. saya akan mencoba menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut.

 1. Apa sih pramuka itu ?

deskripsi dari http://astacala.org
Menurut saya, Pramuka itu adalah kegiatan yang menarik , menyenangkan tetapi juga mengajarkan dan mendisipkan. Mengapa saya menjawab seperti ini? Karena pada awalnya saya hanya orang biasa, maksud nya saya adalah orang yang pemalas , sukanya main game , suka tawuran, tidak ada kegiatan sama sekali dan mudah sekali putus asa. Namun setelah saya mengikuti pramuka , saya merasakan bahwa pramuka dapat membuat saya menjadi orang yang berguna dan bermanfaat .

Definisi Pramuka, PRAMUKA merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti anak anak muda yang suka berkarya.Gerakan Pramuka sebagai organisasi nonformal namun diakui di seluruh dunia, Sehingga Nama pramuka diberbagai negara sangat beragam.

Berdirinya gerakan pramuka sampai saat ini dikarenakan dengan berpramuka diyakini dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.  Gerakan Pramuka juga bertujuan untuk membentuk karakter dari anak bangsa yang bersikap Disiplin,Mandiri.Peduli Sesama dan menjadi tokoh tauladan bagi setiap orang.  semua itu tertuang dalam Kode Kehormatan anggota pramuka. 

Dalam golongannya , Pramuka terdiri dari beberapa golongan seperti :
  • Golongan Siaga
  • Golongan Penggalang
  • Golongan Penegak
  • Golongan Pandega
dan beberapa golongan lain yang sering di sebut dalam pramuka seperti
  • Pembantu Pembina
  • Pembina Utama
  • Pelatih Pramuka
  • Pamong Saka
  • Staf Kwartir
  • Majelis Pembimbing

2. Kegiatan apa saja sih di pramuka itu ?

Kegiatan Outbond pramuka
Dalam berpramuka saya mengetahui banyak sekali kegiatan di dalamnya . Kegiatan pramuka di bagi dalam 2 kategori . Kegiatan di dalam ruangan dan Kegiatan di Luar ruangan .

  Kegiatan di dalam ruangan seperti memberikan materi, penyuluhan , rapat anggota. Kegiatan di dalam ruangan cenderung monoton atau membosankan karena biasanya di dalam ruangan sering sering memperhatikan dan mendengarkan hal itu dianggap membosan kan bagi anak anak .

  Kegiatan di luar ruangan sangat banyak, dan kegiatan ini juga lebih di sukai oleh anak anak pramuka karena ruang lingkup nya yang luas segar dan alami . Kegiatan di luar ruangan juga menarik dan menyenangkan karena meliputi olah pikir , olah mental , olah tubuh , tantangan , dan kerja sama . 
  Kegiatan di luar yang sering di senangi anak pramuka seperti : Outbond , Survival , Perkemahan , Pendakian , Perlombaan dan lain lain .




3. Pramuka itu ada sejarahnya enggak sih ?

Baden powell and Student ( www.okepramuka.com )

 Sejarah pramuka dunia

Pramuka di dunia pertama kali di pelopori oleh seorang pemuda yang bernama Lord baden powell, baden powell. Karena riwayat hidupnya yang di penuhi perjuangan dan berbagai pengalamannya  di alam terbuka, Baden powell di angkat sebagai Bapak pandu pramuka Dunia saat bersamaan dengan di adakannya jambore pertama kali di Dunia, Hal ini yang menjadi titik Sejarah Gerakan Pramuka.

  Baden powell yang bernama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden Powell diangkat sebagai Letnan Jendral Tentara Inggris.

Pada tahun 1907 untuk pertama kalinya beliau mengadakan perkemahan pramuka di pulau Brown Sea, Inggris.

Pada tahun 1908 baden powell menerbitkan sebuah buku yang berjudul " Scouting For Boys " yang berarti pramuka untuk laki laki , jadi pada awalnya beliau mengajarkan pramuka hanya untuk laki laki. Namun berkat bantuan adiknya, pramuka tidak hanya untuk laki laki namun juga untuk perempuan .

Pada Tahun 1912, Berkat bantuan adik baden powell , Agnes maka terbentuklah organisasi pramuka perempuan yang bernama " Girls Guides"Organisasi pramuka perempuan ini kemudian dikembangkan oleh istri beliau yakni Olave st Claire

Pada Tahun 1916, Terbentuklah pramuka untuk golongan siaga dengan nama CUB (anak srigala) pedoman kegiatan pramuka siaga berdasarkan buku yang diterbitkan oleh Rudyard Kipling
Buku ini menceritakan tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala



Pada Tahun 1918, beliau membentuk Golongan pramuka penegak atau Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. 

Pada Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.

Pada Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World )

    Sejarah pramuka indonesia 


NIPV (www.Okepramuka.com )
Di indonesia sebelumnya tidak ada penggunaan nama pramuka, karena pada saat itu pemerintah masih dipegang oleh pemerintahan 

  Belanda.Setelah berita berkembangnya kegiatan pramuka yang telah dipelopori  baden powell tersebar luas. Hindia Belanda juga tertarik membuat kegiatan tersebut, Pemerintah belanda menggunakan nama "Nederlansd Indische Padvinders Verreniging  (NIPV) atau persatuan pandu pandu hindia-belanda " pada tahun 1916.  

Namun kegiatan tersbut juga menarik perhatian tokoh tokoh nasional negeri ini, mereka mengerti bahwa dengan kegiatan dan pengorganisasian tersebut dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air. 

Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H.Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan.

Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda, maka pada tahun 1930 organisasikepanduan seperti IPO, P K(Pandu Kesultanan), PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI( Kepanduan Bangsa Indonesia )

Pada tanggal 16 september 1951diputuskan berdirinya Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) sebagai suatu federasi. Pada 1953 Ipindo berhasil menjadi anggota kepanduan sedunia

Dalam peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-10 Ipindo menyelenggarakan Jambore Nasional, bertempat di Ragunan, pasar minggu pada tanggal 10-20 Agustus 1955, Jakarta.

Kemudian masa kepanduan terus berkembang dan istilah kepanduan berubah Menjadi GERAKAN PRAMUKA , Hari pramuka di indonesia di setujui pada 14 Agustus 1961 , hal ini berdasarkan pada beberpa keputusan

  • Pada tanggal 9 Maret 1961 di resmikan sebagai HARI TUNAS KELAPA yang di tanda tangai oleh Presiden RI Ir.Soekarno
  • Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengikuti organisasi dan kegiatan kegiatan yang mempu untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air Salah satunya GERAKAN PRAMUKA . Terimakasih telah membaca Pengertian pramuka dan sejarah pramuka .

Baca Juga :
PRAMUKA ~ Kegiatan menarik TINGKATAN DUNIA 




23 Responses to "Pengertian pramuka dan sejarah pramuka ( SINGKAT,PADAT JELAS ) "

  1. iyaa silahkan gan,, kita disini saling berbagi kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren nihh..
      Thanks ilmunya

      Kunjungi balik ya,
      Http://sbkbogor.blogspot.co.id
      Disitu ane bikin tutorial kerajinan pramuka yg cukup bernilai ekonomis.

      Hapus
  2. Sangat membantu .terima kasih!

    BalasHapus
  3. Makasihh pr akhirnya selese juga 😀

    BalasHapus
  4. Terima kasih, benar-benar singkat dan engga php sesuai judul "singkat" 👍👍

    BalasHapus
  5. sangat bermnfaat , izin share y min

    BalasHapus
  6. good article, visit back ya..
    hukummusikdalamislam.blogspot.com

    BalasHapus
  7. maaf ini sumber referensinya dari mana..?

    BalasHapus
  8. Terimakasih Atas Informasi Nya,Rangkuman Ini sangat membantu

    BalasHapus
  9. bolavita.pw kerja sama untuk pasaran bola asian games 2018

    melihat skor bola asianbookie
    membaca pasaran olahraga asianbookie bandar

    http://agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/7805161-pasaran-asianbookie-asian-games-2018-jakarta-palembang


    BalasHapus
  10. Izin kopas untuk generasi pramuka di lampung :)

    BalasHapus
  11. Materi ini sangat menarik karena memberikan wawasan yang komprehensif tentang sejarah dan makna Pramuka di Indonesia. Pramuka, atau Praja Muda Karana, tidak hanya sebuah organisasi, tetapi juga mencerminkan semangat rakyat yang suka berkarya. Sejarah perkembangannya yang pesat sejak berdiri hingga saat ini menjadi bukti nyata betapa Pramuka telah memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter dan kepribadian pemuda Indonesia. Yayasan RH

    BalasHapus